Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan meninjau wilayah terdampak banjir akibat luapan Sungai Kapuas, Minggu (22/8/2021). (Foto: Humas Pemkab Kapuas Hulu)
Antara

KAPUAS HULU, iNews.id - Sejumlah kecamatan di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat terendam banjir. Curah hujan yang tinggi menyebabkan Sungai Kapuas meluap hingga merendam permukiman masyarakat.

"Banjir yang terjadi di beberapa kecamatan wilayah Kapuas Hulu disebabkan meluapnya sungai Kapuas dan sejumlah anak-anak sungai. Curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir," ujar Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, Minggu (22/8/2021).

Fransiskus telah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu mendata wilayah yang terdampak, termasuk jumlah korban banjir untuk penyaluran bantuan.

Tak hanya merendam rumah warga, sejumlah fasilitas publik juga terendam sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

"Sejumlah permukiman penduduk sudah ada yang terendam. Fasilitas umum dan juga aktivitas masyarakat sudah terganggu," tuturnya.

Fransiskus mengatakan masih menunggu data lengkap wilayah terdampak banjir. Dia meminta para camat dan kepala desa siaga memantau masyarakat di wilayahnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, banjir terjadi di Kecamatan Boyan Tanjung, Bunut Hulu, Mentebah, Pengkadan, Putussibau Utara, Putussibau Selatan, dan beberapa kecamatan di pesisir Sungai Kapuas.

Ketinggian air rata-rata 70 cm hingga 1 meter.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT