Wali Kota Pontianak mengunjungi salah satu rumah tua di tepian Sungai Kapuas, Rumah Budaya Gang H. Salmah. (Foto: ANTARA)
Antara

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan melestarikan rumah tua di sepanjang Sungai Kapuas. Rumah dengan arsitektur khas itu akan menjadi daya tarik wisatawan ke Pontianak.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, keberadaan rumah tua di tepian Sungai Kapuas merupakan bagian daya tarik wisata di daerah itu. Pemkot Pontianak akan melakukan pemugaran dan restorasi agar sejumlah rumah tua tetap bertahan.

"Kami tidak hanya melakukan bedah rumah tidak layak huni, tetapi juga restorasi rumah-rumah tua bersejarah yang sudah di SK-kan," ujar Edi, Jumat (15/7/2022). 

Edi menambahkan, berbagai rumah tua akan direstorasi untuk mengembalikan ke bentuk seperti aslinya. Sedangkan fungsi rumah tersebut bisa menjadi tempat tinggal. 

Namun jika pemiliknya ingin menjadikan sebagai rumah penginapan, akan lebih baik lagi untuk mendukung kawasan itu sebagai destinasi wisata.

Pilihan lain adlah difungsikan sebagai produksi rumahan seperti tenun, batik, kuliner, suvenir, dan galeri.

"Yang penting bersih, hijau, asri, dan aman sehingga masyarakat bisa merasakan dampak ekonominya," kata Edi.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT