Bakamla RI menemukan kapal KM Putra Sanjai Jaya 2 dengan seluruh ABK selamat. (Foto: Ist)
Arif Budianto

TARAKAN, iNews.id - Seluruh ABK KM Putra Sanjai Jaya 2 yang sempat hilang kontak di perairan Tarakan dan Bunyu, Kalimantan Utara, ditemukan selamat, Jumat (8/7/2022). Kapal tersebut ditemukan Bakamla RI melalui patroli KN Singa Laut 402 yang tergabung dalam tim SAR gabungan. 

Informasi yang dihimpun MNC Portal Indonesia (MPI), kejadian bermula saat Basarnas Tarakan mendapat laporan pada Kamis (7/7/2022) pukul 13.30 WITA telah terjadi hilang kontak KM Putra Senjai Jaya 2 di perairan Tarakan dan Bunyu Sejak Minggu (3/7/2022).

Atas kejadian tersebut, Basarnas Tarakan juga meneruskan ke Kantor Kamla Zona Maritim Tengah. 

Seluruh ABK KM Putra Senjai Jaya 2 ditemukan selamat (Foto: Ist)

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas memerintahkan KN. Singa Laut-402 yang dikomandani Letkol Bakamla Hermawan Basori untuk melaksanakan SAR. 

KN Singa Laut-402 melaksanakan pencarian di wilayah Perairan Tarakan dan Bunyu dimana tempat lokasi terakhir KM. Putra Senjai Jaya 2 melakukan komunikasi. Serta melaksanakan komunikasi pada kapal-kapal di sekitar tempat kejadian. 

"Proses pencarian membuahkan hasil. KM. Putra Senjai Jaya 2 ditemukan oleh Kapal Tugboat Berau Coal 59 pada Kamis malam 7 Juli 2022 dan diinformasikan seluruh personel dalam keadaan selamat, " kata Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara. 

Usai ditemukan, KN Singa Laut-402 langsung menuju titik koordinat 02°45'105" N dan 118°00°777 E untuk melaksanakan penjemputan. Setibanya, KN.Singa Laut-402 melaksanakan evakuasi seluruh ABK KM. Putra Senjai Jaya 2 dan akan diantar ke Tarakan.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT