10 Pelaku Pembalakan Liar Hutan Pendidikan Untan Ditangkap

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 08:23 WIB
10 Pelaku Pembalakan Liar Hutan Pendidikan Untan Ditangkap
Ilustrasi kayu log hasil pembalakan liar. (dok iNews.id)

PONTIANAK, iNews.id - Tim gabungan menangkap 10 pelaku pembalakan liar hutan untuk pendidikan Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak. Hutan tersebut berlokasi di Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

"Dalam penggerebekan yang dilakukan tim gabungan itu berhasil menangkap 10 pelaku pembalakan hutan secara liar di tiga tempat berbeda," kata Danrem XII/Alambhana Wanawai, Brigjen Ronny di Pontianak, Kamis (25/6/2020).

Dalam penangkapan itu, tim gabungan mendapatkan barang bukti 236 batang kayu log berbagai jenis, dan menyita lima gergaji mesin. Tiga pelaku tertangkap tangan sedang melangsir kayu olahan yang diduga hasil penebangan.

Dia menjelaskan, tim gabungan yang terlibat dalam operasi penangkapan yakni Kodim 1201 Mempawah, Polres Mempawah, Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Barat, KPH Mempawah, dan Fakultas Kehutanan Untan.

Dia melanjutkan, aktivitas pembalakan liar yang dilakukan pelaku diperkuat adanya temuan kayu log dan olahan ukuran 12x20x4 dan papan berbagai ukuran. Selain itu juga terdapat kamp-kamp, gergaji mesin, dan sepeda sebagai alat untuk melangsir kayu olahan itu.

"Hasil temuan tim gabungan ini, baik para pelaku maupun barang bukti sudah kami serahkan ke Polres Mempawah. TNI hanya membantu dalam penggerebekan, karena diinformasikan di lokasi itu para pelaku dilengkapi dengan senjata dan diduga dibekingi oknum aparat," katanya.


Editor : Reza Yunanto