100 Ton Beras Disiapkan untuk Korban Banjir di Kalbar

Antara ยท Selasa, 15 September 2020 - 13:57 WIB
100 Ton Beras Disiapkan untuk Korban Banjir di Kalbar
Banjir di Kalbar

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) menyiapkan beras sebanyak 100 ton untuk korban banjir di sejumlah wilayah. Beras tersebut diambil dari cadangan beras pemerintah di gudang Bulog.

"Kebutuhan beras untuk korban banjir bisa dipenuhi cadangan beras pemerintah sebanyak 100 ton di gudang Bulog Kalbar," kata Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar, Muhammad Munsif, Selasa (15/9/2020).

Dia mengatakan, untuk mempercepat penyaluran distribusi beras, kepala daerah yang mengalami banjir bisa menerbitkan Surat Keputusan (SK) Darurat Bencana.

Dengan SK darurat bencana tersebut, kepala daerah bisa menggunakan kewenangannya untuk meminta Bulog mengeluarkan cadangan beras yang disimpan di Bulog terdekat.

"Ini berdasarkan Permensos Nomor 22 tahun 2019," ujarnya.

Saat ini baru Kabupaten Melawi yang mengajukan beras untuk korban banjir. Sebanyak 8 ton beras telah dikirimkan ke kabupaten yang ribuan rumah warganya saat ini terdampak banjir.

Dia mengatakan, 8 ton yang sudah disiapkan itu merupakan bantuan awal. Pemprov Kalbar akan terus memperbaharui untuk menyesuaikan data resmi dari kapupaten yang terkena banjir terkait korban jiwa yang terdampak.

Dalam tiga hari terakhir, sejumlah daerah di Kalbar dilanda banjir. Daerah yang terdampak banjir paling parah berada di Kabupaten Melawi, dan Kapuas Hulu. Di kedua daerah itu, ribuan rumah terendam banjir.


Editor : Reza Yunanto