2 Kali Nonreaktif Rapid Test, Warga Singkawang Positif Covid-19 usai Hilang Indra Perasa

Antara ยท Kamis, 17 September 2020 - 16:51 WIB
2 Kali Nonreaktif Rapid Test, Warga Singkawang Positif Covid-19 usai Hilang Indra Perasa
Jubir Covid-19 Kota Singkawang, Barita P Ompussungu menjelaskan perkembangan terkini Covid-19 di Kota Singkawang. (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Seorang warga Singkawang, Kalimantan Barat dinyatakan positif terjangkit Covid-19 setelah merasa kehilangan indra perasa dan penciuman. Sebelumnya dua kali rapid test dia mendapat hasil nonreaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Singkawang, Barita Ompusunggu menceritakan, pasien ini seorang laki-laki berusia 50 tahun dari luar Singkawang. Dia mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Aziz dengan keluhan batuk berdahak selama sepekan terakhir.

Pasien tersebut kemudian mengikuti rapid test dan mendapat hasil nonreaktif. Rapid test diulang kembali, namun masih mendapat hasil nonreaktif.

Beberapa hari kemudian, pasien tersebut mengaku mengalami gangguan penciuman dan perasa. Pasien tersebut akhirnya menjalani tes swab. Pada Rabu (16/9/2020) hasil tes pasien tersebut ternyata positif terjangkit Covid-19.

Dia menambahkan, dari hasil pemeriksaan, pasien itu mengaku tak pernah punya riwayat perjalanan keluar kota atau kontak dengan pasien positif.

Menurutnya, pasien tersebut merupakan satu dari dua kasus baru yang tercatat di Singkawang.

"Jadi ada dua penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Singkawang pada Rabu kemarin," ujarnya, Kamis (17/9/2020).

Kasus positif kedua kedua yakni seorang pria berusia 51 tahun yang juga dirawat di RSUD dr Abdul Aziz. Pasien tersebut terkonfirmasi positif pada saat yang sama usai mengalami gangguan tenggorokan dan demam tinggi pada 12-13 September.

Barita mengatakan, kasus positif yang masih menjalani perawatan di Singkawang saat ini mencapai 22 orang.

"Sebanyak 12 orang dirawat di RSUD Abdul Aziz, 10 orang isolasi mandiri," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto