2 Orangutan Kalimantan Ditemukan di Jateng, Dievakuasi ke Penyelamatan Satwa di Ketapang

Uun Yuniar ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 09:26 WIB
2 Orangutan Kalimantan Ditemukan di Jateng, Dievakuasi ke Penyelamatan Satwa di Ketapang
2 ekor Orangutan Kalimantan (Pongo Pygmaeus) dievakuasi dari Jateng ke Pusat Penyelamatan Satwa di Ketapang, Kalimantan Barat. (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Dua ekor Orangutan Kalimantan atau Pongo Pygmaeus diselamatkan dari Jawa Tengah. Keduanya dievakuasi ke Pusat Penyelamatan Orangutan di Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar).

Informasi yang dipeoleh iNews.id, upaya penyelamatan itu dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar bekerja sama BKSDA Jawa Tengah.

Satu orangutan ditemukan dari lembaga konservasi taman wisata tak berizin di Kendal, dan satu orangutan lain diketahui berada di salah satu rumah warga di Semarang.

Selanjutnya, kedua orangutan jantan ini langsung dievakuasi melalui perjalanan laut dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pusat Penyelematan di Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang.

Kedua orangutan yang diperkirakan berusia 20 tahun itu telah menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diberangkatkan ke Kalbar.

Dari pemeriksaan diketahui kedua orangutan tersebut mengalami malnutrisi yang menyebabkan keduaanya mengalami gangguan pada pertumbuhan. Dugaan tersebut sesuai dengan tanda fisik yang tidak normal di tubuh kedua orangutan tersebut.

Selama dalam perjalanan dari Jateng ke Ketapang, Kalbar, kedua orangutan tersebut ditempatkan dalam kandang khusus karantina yang telah dilengkapi enrichment daun dan hammock.


Editor : Reza Yunanto