3 Tahun Disegel, SD di Pedalaman Barito Utara Ini Akhirnya Dibuka

Antara ยท Kamis, 23 September 2021 - 17:25:00 WIB
3 Tahun Disegel, SD di Pedalaman Barito Utara Ini Akhirnya Dibuka
Pembukaan kembali SDN 1 Batu Raya di pedalaman Barito Utara. (Antara)

BARITO UTARA, iNews.id - Sekolah Dasar (SD) di pedalaman Barito Utara, Kalimantan Tengah ini akhirnya kembali menggelar pembelajaran. Selama tiga tahun terakhir, SD ini disegel oknum warga.

SD tersebut yakni SDN 1 Batu Raya di Kecamatan Gunung Timang. Pembukaan kembali sekolah itu berdasarkan instruksi Bupati Barito Utara.

"Berdasarkan Instruksi Bupati Barito Utara, tahun ajaran baru 2021/2022 untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas," ujar Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Ardian di Muara Teweh, Kamis (23/9/2021).

Dia mengatakan, perencanaan pembukaan SD tersebut dilakukan sejak 12 Juli 2021. Pembukaan SDN I Batu Raya ditandai dengan silaturahmi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Barito Utara Ardiansyah dengan unsur Kecamatan Gunung Timang pada Rabu (22/9) kemarin.

Menurutnya, pembukaan kembali SDN 1 Batu Raya juga atas desakan tokoh masyarakat dan wali murid. Sedangkan warga yang menyegel sekolah tersebut belum mau menyerahkan bangunan selama proses gugatan di pengadilan selesai.

Kepala Sekolah SDN 1 Batu Raya Yurdie mengaku senang dengan pembukaan kembali sekolah yang dipimpinnya.

"Kami sangat mengharapkan sekali agar sekolah ini bisa fungsional kembali, walaupun keadaannya sangat memprihatinkan.Bahkan semua sarana dan prasarana seperti kursi, meja serta perabotan yang lainnya sudah tidak ada lagi," tutur Yurdie.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: