41 Orang Positif, Klaster Covid-19 di Singkawang Bermula dari Santri Hilang Penciuman

Antara ยท Kamis, 01 April 2021 - 09:40:00 WIB
41 Orang Positif, Klaster Covid-19 di Singkawang Bermula dari Santri Hilang Penciuman
Jubir Covid-19 Kota Singkawang, Barita P Ompussungu menjelaskan perkembangan terkini Covid-19 di Kota Singkawang. (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Sebanyak 41 santri di Singkawang positif Covid-19. Penyebaran virus corona itu bermula dari seorang santri yang kehilangan indra penciuman lalu menular ke puluhan orang yang berinteraksi.

Hal itu diceritakan Kepala Dinas Kesehatan Singkawang, Barita P Ompussunggu usai mengunjungi Rumah Tahfidz, tempat para santri itu berada yang kini menjadi klaster Covid-19.

"Awal mula kasus ini sebelumnya ada satu santri yang kehilangan penciuman," katanya, Rabu (31/3/2021).  

Santri tersebut kemudian menjalani tes usap yang ternyata hasilnya positif terjangkit Covid-19. 

Santri asal Kalimantan Barat menjalani pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 di Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar di Pontianak. (Antara)
Santri asal Kalimantan Barat menjalani pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan Covid-19 di Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar di Pontianak. (Antara)

Satgas Covid-19 pun melakukan tracing kontak terhadap kontak erat santri tersebut yang berjumlah puluhan orang. Pada Selasa (30/3/2021) dilakukan tes usap massal terhadap 75 orang terdiri atas santri, ustadz dan pengurus.

Hasilnya mengejutkan, karena pada tes usap pertama ada 10 orang santri yang dinyatakan positif Covid-19. Kemudian pada tes usap kedua ditemukan 31 santri lain yang juga positif.

"Jadi totalnya 41 santri," kata Barita.

Mereka yang positif itu segera ditangani. Ada satu yang dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz karena mengalami sesak napas. Sedangkan 40 orang santri menjalani isolasi mandiri di tempat. 

"Sedangkan yang negatif sudah kita pulangkan ke rumahnya masing-masing," katanya.

Barita mengatakan, Satgas Covid-19 Singkawang menaruh perhatian khusus terhadap klaster ini. 

Dia mengatakan kasus Covid-19 di Singkawang mengalami peningkatan drastis yakni 54 kasus positif dalam sehari. 
Kendati demikian saat ini Singkawang masih berada pada zona kuning yang berarti risiko ringan.

Editor : Reza Yunanto