get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemkab Kotabaru dan PT Digital Gasing Edukasi Resmi Tutup Pelatihan Matematika Gasing 2025

5 Fakta Menarik H&M, Brand Asal Swedia yang Ikut Paris Fashion Week

Rabu, 27 September 2023 - 17:03:00 WIB
5 Fakta Menarik H&M, Brand Asal Swedia yang Ikut Paris Fashion Week
Fakta menarik H&M. (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - H&M, brand fashion yang telah dikenal di berbagai penjuru ini menjadi salah satu yang jarang menggelar fashion show sendiri. Bahkan, ajang fashion show terbesar yang pernah diikuti adalah gelaran Paris Fashion Week 2014 silam. Pada saat itu, H&M menghadirkan koleksi terbarunya.

Partisipasi H&M pada ajang Paris Fashion Week 2014 merupakan pertama kalinya dalam delapan tahun terakhir, karena memang brand ini sangat jarang menampilkan produknya pada ajang fashion show. 

Saat itu, brand H&M yang berasal dari Swedia tersebut menampilkan 25 penampilan dari koleksi musim gugur dan dingin 2013-2014 selama Paris Fashion Week. Dalam peragaan busana yang digelar di Musée Rodin, merek-merek kelas atas seperti Yves Saint Laurent dan Christian Dior telah menampilkan koleksi baru mereka.

Dengan hadirnya H&M dalam Paris Fashion Week, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri dalam memamerkan koleksi hasil rancangannya. Seperti diketahui, brand H&M telah membuka tokonya pertama kali di Indonesia pada 2014 silam, memang absen cukup lama dari ajang pekan mode.

Brand H&M diketahui terakhir kali merilis koleksi utamanya pada 2005 di New York dan baru pada 2014 mengikuti Paris Fashion Week. Meski demikian, bukan berarti H&M tidak pernah menampilkan hasil rancangannya. Mereka tetap melakukan ajang fashion show yang spektakuler dan memukau dengan koleksi hasil berkolaborasi dengan para desainer yang bekerja sama. Dari situ, mereka menganggap sudah waktunya menampilkan untuk menampilkan peragaan busana sendiri.  

Seperti diketahui, brand asal Swedia ini merupakan brand fashion papan atas dunia. Tak heran, jika H&M telah banyak melakukan kerja sama dengan banyak desainer terkenal dunia. Beberapa di antaranya adalah Maison Martin Margiela, Anna Dello Russo, Lanvin, Marni, dan Versace.

Kolaborasi dengan banyak desainer terkenal ini tentu mengangkat brand tersebut dengan menampilkan koleksi yang diakui oleh para pencinta fashion. Sehingga wajar saja, jika di Indonesia H&M memiliki pasar dan konsumennya tersendiri yang loyal dengan koleksinya.

Jika menengok kembali beberapa tahun silam, brand H&M memiliki catatan yang membuat banyak pencinta fashion dan para desiner berdecak kagum. Lantaran, meski beberapa koleksi hasil kolaborasi bersama desainer kelas dunia tapi mampu memberikan harga yang cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan brand dunia lainnya.

Sebut saja, koleksi bersama Alexander Wang di 2014 yang menghadirkan koleksi bertema sporty dengan penuh aksen urban yang stylish. Bahkan, pada tahun selanjutnya, H&M juga hadir dengan konsep penuh glamor pada ajang Balmain di 2015.

Tak berhenti di sana, H&M juga melakukan fashion show di acara Super Fun 2016 bersama Kenzo. Mereka juga mengakui selama ini kerap menghadirkan inovasi dalam menciptakan koleksi kolaborasi. Di mana, kali ini H&M memilih gaya fantasi floral khas Erdem. 

5 Fakta Menarik Brand H&M Asal Swedia

Brand H&M merupakan brand ternama dunia yang menjual produk fashion untuk wanita, pria, remaja, dan anak-anak ini memiliki gerai hampir di seluruh dunia. H&M memiliki gerai di 62 negara dengan jumlah toko mencapai lebih dari 4.500-an. 

Di Indonesia saja, gerai H&M telah menyebar di berbagai kota mulai dari Jakarta, Bandung, Bali, Solo, Batam, Medan, Yogyakarta, hingga Surabaya. Jadi brand H&M juga salah satu brand yang terkenal dan banyak disukai oleh masyarakat.

Di balik nama brandnya yang telah mendunia, terdapat beberapa fakta menarik seputar H&M. Apa saja sih? Berikut ulasan lima fakta menarik seputar H&M, di antaranya adalah sebagai berikut. 

1. Awal mula berdirinya brand H&M

Brand fashion H&M didirikan oleh Erling Persson, seorang pengusaha asal Swedia. Pada 1947, Erling Persson mendirikan sebuah toko pakaian khusus wanita yang diberi nama "Hennes". Dia mendirikan toko khusus pakaian wanita tersebut setelah kembali dari perjalanannya ke Amerika Serikat.

Pada 1968, dia membeli sebuah toko pakaian yang khusus menjual pakaian berburu dan memancing milik Mauritz Widforss. Setelah mereka melakukan proses merger, kemudian Erling Persson mengubah brand tersebut menjadi H&M yang merupakan inisial dari nama orang yaitu Hennes & Mauritz. 

Sejak saat itu, H&M mulai menjual pakaian bukan untuk wanita saja, tetapi mulai merambah ke pakaian pria, bahkan anak-anak.

2. Waktu terbaik untuk berbelanja di toko H&M adalah Senin dan Kamis

Tahukah Anda bahwa ada waktu terbaik untuk berbelanja di toko H&M ini. Faktanya, Anda disarankan untuk berbelanja pada hari Senin dan Kamis. Sebab pada hari Senin dan Kamis, toko H&M mendapat kiriman barang-barang terbaru. Oleh karenanya, Anda akan menjadi orang pertama untuk membeli dan mendapatkan koleksi terbarunya apabila berbelanja pada hari Senin dan Kamis.  

3. Selain produk fashion, H&M juga menjual peralatan rumah tangga

Banyak masyarakat yang hanya mengetahui bahwa brand H&M hanya menjual produk fashion saja. Nyatanya, dugaan tersebut salah, karena H&M juga menjual peralatan rumah tangga. 

Sejak 2008, H&M mulai menjual perabotan rumah tangga dengan menggunakan katalog online. Namun saat ini, sudah tersedia di beberapa toko H&M. Adapun peralatan rumah tangga yang dijual meliputi barang-barang untuk kamar mandi dan kamar tidur, dapur, dan ruang tamu.

4. Berkolaborasi dengan selebriti dunia kelas dunia untuk mempromosikan koleksi terbarunya

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, brand H&M ini memiliki banyak koleksi hasil kolaborasi dengan para desainer ternama dunia. Bahkan, tak jarang mendapatkan respons yang menakjubkan saat dipamerkan dalam peragaan busana. 

Dalam mempromosikan koleksi-koleksi terbarunya, H&M juga berkolaborasi dengan selebriti-selebriti kelas dunia. Seperti halnya, pada 2007 lalu, H&M berkolaborasi dengan dua selebriti ternama, Madonna dan Kylie Minogue. H&M juga pernah berkolaborasi dengan bintang sepak bola dunia asal Inggris, David Beckham.

Adanya kolaborasi tersebut, tentu bukan hal yang aneh jika rancangan fashion dari H&M memiliki branding kelas atas dunia.

5. Setiap pembukaan toko baru akan ada sambutan tarian koreografi dari para karyawan H&M

Pada setiap pembukaan toko baru, pihak H&M melakukan hal unik untuk menarik perhatian calon pelanggan dengan menyajikan tarian koreografi. Tarian ini ditampilkan oleh karyawan toko baru H&M tepat sebelum pemotongan pita. 

Nah, itulah ulasan lima fakta menarik seputar H&M, brand fashion legendaris dari Swedia yang menampilkan produk-produk terbaiknya, baik dari para desainernya maupun hasil kolaborasi dengan desainer dunia lainnya.

Editor: Anindita Trinoviana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut