6 Pedagang Pasar Sentral Sanggau Reaktif Rapid Test

Antara ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 18:52 WIB
6 Pedagang Pasar Sentral Sanggau Reaktif Rapid Test
Dinas Kesehatan melakukan rapid test di pasar Pontianak. (Foto: Antara)

SANGGAU, iNews.id - Rapid test massal digelar di Pasar Sentral, Sanggau, Kalimantan Barat. Sebanyak enam orang pedagang dinyatakan reaktif Covid-19.

Rapid test dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau bersama Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kapuas pada Kamis (18/6/2020) yang diikuti 102 pedagang.

"Enam orang reaktif, 94 nonreaktif dan 2 orang invalid. Invalid itu maksudnya pembacaannya tidak jelas. Pemeriksaan yang samar-samar hasilnya jadi harus di cek ulang lagi," ujar Kepala Puskesmas Sanggau, Bassilinus, Jumat (19/6/2020).

Bassilinus menambahkan, semula target tes cepat itu sebanyak 150 orang. Namun hasil penjaringan hanya sebanyak 102 orang saja. Terhadap pedagang yang hasil pemeriksaannya reaktif telah dilaporkan ke Dinkes Sanggau untuk selanjutnya menjalani tes swab.

"Kapan pelaksanaan (tes swab), itu Dinkes yang menentukan," ujarnya.

Dia mengatakan, dari hasil rapid test ini menunjukkan adanya indikasi klaster baru penyebaran Covid-19 di Sanggau melalui transmisi pedagang pasar. Hal ini menunjukkan masih adanya yang tidak disiplin menjalani protokol kesehatan.

"Untuk itu diharapkan kepada kita semua untuk selalu menerapkan protokol kesehatan wajib pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan," katanya.


Editor : Reza Yunanto