70 WNI Korban Perdagangan Orang di Malaysia Dipulangkan via Pontianak

Antara ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 16:53:00 WIB
70 WNI Korban Perdagangan Orang di Malaysia Dipulangkan via Pontianak
Malaysia mendeportasi WNI pekerja migran melalui PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. (Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Sosial (Kemensos) membantu pemulangan 277 Warga Negara Indonesia (WNI) migran korban perdagangan orang (KPO) dari Malaysia. Ratusan WNI tersebut dipulangkan melalui Tanjungpinang, Kepulauan Riau dan Pontianak, Kalimantan Barat.

"Baru-baru ini sebanyak 277 orang WNI Migran Korban Perdagangan Orang (KPO) baru dipulangan dari Johor Bahru dan berada di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjung Pinang dan 70 orang di Pos Pemulangan Pontianak," ujar Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos, Harry Hikmat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (20/8/2020).

Dia mengatakan, tujuan pemulangan itu untuk mengembalikan pekerja migran ke daerah asal dan mempersatukan kembali mereka dengan keluarga, masyarakat dan lingkungan sosialnya.

Hal itu dilakukan sesuai Permensos No. 30 tahun 2017 tentang pemulangan Warga Negara Migran Korban Perdagangan Orang dari Negara Malaysia ke Daerah Asal.

Dia menjelaskan, pemulangan WNI korban perdagangan orang itu melalui dua jalur. Untuk Rumah Perlindungan di Tanjung Pinang melayani rujukan dari Konsulat Jenderal RI di Johor Bahru.

"Sedangkan Pos Pemulangan Pontianak, melayani rujukan dari Konsulat Jenderal RI di Kuching Malaysia," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: