Aturan Baru Pilkada 2020, KPU Kapuas Hulu: Peserta Kampanye Dibatasi 50 Orang

Antara ยท Minggu, 27 September 2020 - 16:06 WIB
Aturan Baru Pilkada 2020, KPU Kapuas Hulu: Peserta Kampanye Dibatasi 50 Orang
Ilustrasi Pilkada serentak 2020. (Foto: Antara)

PUTUSSIBAU, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) menyatakan dalam pelaksanaan kampanye masing-masing pasangan calon peserta pilkada mengacu terhadap PKPU. Terutama aturan baru dalam penerapan protokol kesehatan, seperti pembatasan jumlah massa saat kampanye.
 
"Sesuai aturan kampanye dalam bentuk pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog dilaksanakan dalam ruangan dengan dibatasi maksimal 50 orang serta menerapkan protokol kesehatan," ujar Ketua KPU Kapuas Hulu Ahmad Yani, Minggu (27/9/2020).

Menurutnya, pelaksanaan kampanye masing-masing paslon mengacu pada PKPU Nomor 4 Tahun 2017, Nomor 11 Tahun 2020, Nomor 06 Tahun 2020, Nomor 10 Tahun 2020 dan Nomor 13 Tahun 2020. Untuk kampanye dalam bentuk lain juga yang dilarang mengadakan rapat umum, perlombaan, konser musik, bazar, perayaan ulang tahun partai dan lainnya.
 
"Soal jadwal kampanye paslon masing-masing diserahkan ke tim yang menyusun dan wajib disampaikan ke kepolisian, tembusan KPU dan Bawaslu," katanya.

Sementara kampanye bentuk lain, yakni bisa melalui media sosial dan daring, kemudian pemasangan alat peraga kampanye (APK) atau pembuatan dan penyebaran bahan kampanye.
 
"Jadi semua tahapan pilkada itu wajib menerapkan protokol kesehatan. Paslon juga boleh membuat alat pelindung diri (APD), masker, handsanitizer atau hal lainnya," ujar Yani.


Editor : Donald Karouw