Banjir di Landak Surut, Warga Mulai Tinggalkan Pengungsian

Antara ยท Selasa, 08 September 2020 - 15:46 WIB
Banjir di Landak Surut, Warga Mulai Tinggalkan Pengungsian
Banjir di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat merendam sedikitnya 10 desa. (dok iNews.id)

LANDAK, iNews.id - Banjir bandang yang merendam belasan kecamatan di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat telah surut. Sejumlah warga yang mengungsi mulai kembali ke rumah.

"Kita bersyukur karena kondisi banjir yang terjadi di sejumlah daerah saat ini sudah mulai surut. Masyarakat yang semula mengungsi juga sudah kembali ke rumahnya masing-masing," kata Bupati Landak, Karolin Margret Natasha di Ngabang, Selasa (8/9/2020).

Karolin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Landak hingga kini masih melakukan pendataan terhadap rumah yang terdampak banjir, termasuk masyarakat yang rumahnya roboh akibat longsor.

"Kita masih menunggu informasi dari pihak desa karena masih melakukan pendataan. Mudah-mudahan banjir ini tidak kembali dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa," tuturnya.

Menurut Karolin, dari pantauan langsung ke lapangan, dia melihat beberapa fasilitas umum mulai beroperasi melayani warga. Salah satunya Puskesmas Meranti yang sebelumnya terendam banjir juga sudah mulai beroperasi.

"Karena airnya sudah surut, jadi pelayanan di Puskesmas bisa dilakukan lagi," katanya.

Karolin mengatakan, dia telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak setempat beserta perangkat desa membuat dapur umum bagi masyarakat yang menjadi korban banjir.

Pembuatan dapur umum tersebut dilakukan untuk memastikan daerah-daerah tersebut mendapatkan suplai makanan, yang membuat ratusan nasi bungkus.

"Selanjutnya nasi bungkus dibawa oleh relawan untuk didistribusikan pada masyarakat korban banjir," tutur mantan anggota DPR dari PDIP ini.


Editor : Reza Yunanto