Berada di Pedalaman, Nanga Mahap Kampung Online Pertama di Kalbar

Antara ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 14:14 WIB
Berada di Pedalaman, Nanga Mahap Kampung Online Pertama di Kalbar
Wakil Bupati Sekadau, Aloysius saat launching kampung online Nanga Mahap. (Antara)

SEKADAU, iNews.id - Kecamatan Nanga Mahap di Kabupaten Sekadau jadi kampung online pertama di Kalimantan Barat (Kalbar). Pengadaan akses internet di Nanga Mahap menggunakan Dana Desa.

"Kita patut berbangga, karena kampung online ini merupakan yang pertama di Kalimantan Barat," kata Wakil Bupati Sekadau Aloysius, Sabtu (8/8/2020).

Dia mengatakan, keberadaan jaringan internet di Nanga Mahap diharapkan dapat membantu proses belajar daring di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Dulu di kampung cari sinyal naik bukit. Sekarang dengan adanya kampung online bisa berjalan dengan baik. Bukan hanya untuk gaya-gayaan tapi banyak juga manfaatnya untuk laporan, belajar online dan sebagainya," katanya.

Dia mengakui, terobosan ini sebagai yang pertama di Kalbar. Menurutnya, terobosan itu juga mengacu pada visi dan misi kepala daerah untuk mewujudkan Sekadau yang sejahtera, adil dan berinovasi.

Sementara itu Camat Nanga Mahap mengatakan keberadaan akses internet merupakan kebanggan tersendiri. Menurutnya, Nanga Mahap yang merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Ketapang terbilang jauh dari transportasi. Lokasi itu juga yang membuat jaringan internet sulit tersedia.

Kendati demikian, hal itu tak menyurutkan untuk mengadakan internet. Pengadaan internet dilakukan dengan menggunakan anggaran dana desa, dengan harapan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pengurus desa dan masyarakat.

"Mudah-mudahan desa lain di Sekadau dapat mengikuti kampung online apalagi jumlah desa di Sekadau sebanyak 87 desa," ucapnya.


Editor : Reza Yunanto