Berkas P21, Tersangka Penyelundupan Telur Penyu Dilimpahkan ke Kejati Kalbar

Uun Yuniar ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 16:28 WIB
Berkas P21, Tersangka Penyelundupan Telur Penyu Dilimpahkan ke Kejati Kalbar
Polda Kalbar akan melimpahkan tersangka penyelundup telur penyu ke Kejati Kalbar, Selasa (25/8/2020). (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Berkas perkara penyelundupan ribuan telur penyu yang ditangani Ditpolairud Polda Kalimantan Barat (Kalbar) dinyatakan P21. Penyidik akan melimpahkan barang bukti dan tersangka ke kejaksaan.

"Berdasarkan surat dari Kejaksaan Tinggi Kalbar bahwa berkas perkara BY ini sudah P21," tutur Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kalbar, Kompol Muhammad Husni Ramli di Pontianak, Selasa (25/8/2020).

Dia mengatakan, dengan dinyatakan P21, penyidik akan segera melakukan pelimpahan tahap kedua kepada jaksa yakni pelimpahan barang bukti dan tersangka. Namun demikian, sebagian besar dari ribuan telur penyu yang menjadi barang bukti kejahatan ini telah dimusnahkan lantaran dalam keadaan tidak sehat.

Dia mengatakan, BY dijerat dengan Pasal 40 juncto Pasal 21 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem dengan ancaman di atas 4 tahun.

"Tapi untuk berapa tuntutan selanjutnya nanti ada pada jaksa," ujarnya.

BY yang merupakan anak buah kapal (ABK) Kapal Motor Sabuk Nusantara 80 ditangkap saat menyelundupkan 9.310 butir telur penyu dari Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau pada 30 Juni 2020 lalu.

Ribuan telur penyu itu dikemas dalam 14 kardus yang rencananya akan dijual di Pontianak.


Editor : Reza Yunanto