Besok, Menag Fachrul Razi Jelaskan Pedoman Pembukaan Tempat Ibadah

Felldy Utama ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 20:27 WIB
Besok, Menag Fachrul Razi Jelaskan Pedoman Pembukaan Tempat Ibadah
Menteri Agama Fachrul Razi (Kemenag)

JAKARTA, iNews.id - Menjelang penerapan new normal, pemerintah akan mengizinkan pembukaan kembali tempat ibadah. Pembukaan tempat ibadah berdasarkan pedoman yang akan diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

"Rencana kami menerbitkannya besok, Jumat sore," kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam Rapat Terbatas (Ratas) dengan Satgas Lawan Covid-19 di kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Menurutnya, pembukaan kembali rumah ibadah di tengah wabah virus corona (Covid-19) itu, merupakan tindak lanjut Ratas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehari sebelumnya.

Setelah ada pedoman yang diterbitkan Kemenag, masih ada waktu seminggu untuk mematangkan persiapan pembukaan tempat ibadah, terutama kegiatan salat Jumat di masjid.

"Sehingga kalau Jumat sore kami umumkan, masih ada 1 minggu untuk mempersiapkan Jumat berikutnya. Mudah-mudahan ini kebijakan yang cukup adil," ucapnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta beribadah di masjid dan musala dibuka kembali jika penerapan new normal memberikan kelonggaran aktivitas di pusat perbelanjaan (mal) dan bandara. Aktivitas tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona (Covid-19).


Editor : Reza Yunanto