Bikin Bangga, ASN Pemprov Kalbar Masuk Nominasi PNS Inspiratif 2020

Antara ยท Selasa, 27 Oktober 2020 - 13:13:00 WIB
Bikin Bangga, ASN Pemprov Kalbar Masuk Nominasi PNS Inspiratif 2020
Abussamah, ASN Pemprov Kalbar yang masuk dalam nominasi 40 PNS Inspiratif 2020. (Antara)

Terpilihnya Abussamah dalam Anugerah ASN yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) ini berawal dari inisiatif rekan kerjanya, Nur Juliansah yang bertugas di Satpol PP Provinsi Kalbar.

Abussamah diusulkan sebagai penerima Anugerah ASN 2020 karena dinilai sebagai sosok yang membanggakan dan menginspirasi bagi ASN lainnya di Kalbar.

Suami dari Luh Gede Suparyani itu pernah meraih beberapa seperti Inagara Award dari LAN RI pada tahun 2018 atas Inovasi Cegah Kumuh melalui Penertiban Subuh (ChiPS) yang digagasnya bersama Satpol PP.

Pada saat itu Inovasi ChiPS berhasil meraih terbaik keenam pada Kompetisi Inovasi Pasca Diklatpim (Sinopadik) yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

Selain itu Abussamah juga pernah diundang mengikuti Blended Learning Course for Local Governments Human Right City Approach to Localising SDGs in Asia Pacific Region di Gwangju Korea Selatan.

Pada kesempatan itu Abussamah berkesempatan memaparkan Inovasi ChiPS sebagai salah satu upaya pemerintah mewujudkan Kota Pontianak sebagai kota yang nyaman dan aman melalui Gerakan Sat Pol PP Ramah. Hal ini disaksikan langsung oleh Sekretaris Jenderal The United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC).

Tak hanya prestasi, Abussamah juga mengisi waktu di luar kedinasan dengan berbagai kegiatan. Dia tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK), dan aktif dalam berbagai organisasi maupun komunitas, antara lain, Peduli Kasih Anak Kalimantan (PKAK) - Sayang Pontianak, Aksi Gabungan Relawan/Komunitas, Pontianak Sembilan Belas dan Komunitas Darah Segar (Komdas).

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: