BPBD Pontianak Mendata Jumlah Rumah yang Rusak akibat Terjangan Puting Beliung

Antara ยท Sabtu, 18 Juli 2020 - 10:42 WIB
BPBD Pontianak Mendata Jumlah Rumah yang Rusak akibat Terjangan Puting Beliung
Ilustrasi angin puting beliung. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) mendata kerusakan rumah yang diakibatkan hujan lebat disertai angin puting beliung, Jumat (17/7/2020) sore. Ada beberapa rumah warga di Kecamatan Pontianak Barat dan Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara yang mengalami kerusakan.

"Kami masih melakukan pendataan berapa rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang disertai hujan lebat," kata Kepala BPBD Kota Pontianak, Saptiko, Jumat (17/7/2020).

Sementara salah satu warga Gang Usaha Baru, Jalan Khatulistiwa, Kecamatan Pontianak Utara, Susi Herawati mengatakan, atap rumahnya rusak akibat diterjang puting beliung. Awalnya awan tiba-tiba gelap, lalu disusul angin kencang yang disertai hujan lebat.

“Atap rumah saya terpental karena angin puting beliung. Saya dan anak menyelamatkan diri dengan keluar rumah,” katanya.

Dia berharap, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak memberikan bantuan warga yang atap rumahnya yang rusak akibat puting beliung.

Dari informasi yang diperoleh, angina puting beliung juga membuat sejumlah pohon di jalan-jalan protokol di Kecamatan Pontianak Utara tumbang. Akibatnya terjadi kemacetan lalu lintas.


Editor : Umaya Khusniah