Bunga Raflesia Mekar di Hutan Belantara Sekadau Kalbar

Faisal Abubakar · Selasa, 18 Agustus 2020 - 14:14:00 WIB
Bunga Raflesia Mekar di Hutan Belantara Sekadau Kalbar
Warga menemukan bunga raflesia yang tumbuh di hutan belantara Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. (iNews.id/Faisal Abubakar)

SEKADAU, iNews.id - Bunga Raflesia berukuran besar ditemukan di hutan belantara yang terdapat di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat (Kalbar). Bunga tersebut ditemukan dalam keadaan mekar.

"Pertama kali ditemukan, bunga Raflesia ini masih berbentuk bulat. Setelah dua minggu saya cek lagi, bunganya sudah mekar," kata Yosep Hermanto, salah satu warga yang menemukan bunga raksasa tersebut di Sekadau, Selasa (18/8/2020).

Dia mengatakan, bunga tersebut ditemukan di tengah hutan belantara di Dusun Landak, Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman.

Lokasinya jauh dari permukiman warga setempat. Diperlukan waktu sekitar empat jam berjalan kaki untuk menuju ke lokasi bunga tersebut tumbuh.

"Kalau kita jalan santai bisa empat jam baru sampai ke lokasi tumbuhnuya bunga tersebut," ujarnya.

Menurutnya, bunga Raflesia tersebut berwarna coklat jika dilihat pada malam hari. Namun bunga tersebut tidak mengeluarkan aroma apa pun. 

Diakuinya, bunga Raflesia ini tergolong bunga yang langka. Bunga yang berukuran besar ini hanya ditemukan di hutan belantara.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: