Cegah Klaster Pilkada, KPU Kalbar Minta Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Antara ยท Kamis, 17 September 2020 - 15:35 WIB
Cegah Klaster Pilkada, KPU Kalbar Minta Paslon Patuhi Protokol Kesehatan
Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat (Kalbar) meminta seluruh pasangan calon mematuhi protokol kesehatan. Tindakan ini penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari kegiatan Pilkada.

"Kita tidak henti-hentinya mengimbau dan mengingatkan kepada semua pihak terkait dalam pelaksanaan pilkada ini untuk bersama-sama memaksimalkan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, agar bisa bersama-sama mencegah penularan Covid-19," kata Ketua KPU Kalbar, Ramdan di Pontianak, Kamis (17/9/2020).

Dia mengatakan, KPU Kalbar telah melakukan sosialisasi dan edukasi secara gencar kepada masyarakat berkaitan dengan peraturan KPU yang mengatur tentang protokol kesehatan dalam setiap tahapan.

Terkait hal tersebut, semua pihak terkait dalam pilkada serentak diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang tentunya menjadi acuan bersama.

"Ini upaya yang ikhtiar kita, sehingga imbauan kami selaku penyelenggara pilkada dapat dijalani bersama, terutama untuk pasangan calon maupun para pemangku kepentingan sosialisasi ini," tuturnya.

Menurutnya, dalam Peraturan KPU (PKPU) yang baru telah diatur tentang pembatasan jumlah selama masa kampanye pasangan calon. Pembatasan ini bisa dipatuhi bersama oleh seluruh pasangan calon sehingga tidak melakukan pengumpulan massa secara besar dalam proses kampanye.

"Harapan kita tentu hal tersebut bisa diikuti secara bersama, jadi tahapan-tahapan yang kemudian berpotensi terjadi kerumunan orang bisa dihindari," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto