Demi Transparansi, Bupati Landak Minta Kepala Desa Umumkan Penerima Bansos

Antara ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 15:54 WIB
Demi Transparansi, Bupati Landak Minta Kepala Desa Umumkan Penerima Bansos
Bupati Landak Karolin Margret Natasa (Foto: Istimewa)

LANDAK, iNews.id - Bupati Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasha meminta kepala desa mengumumkan secara terbuka nama-nama penerima Bantuan Sosial (Bansos). Pengumumam nama-nama penerima Bansos untuk menciptakan transparansi penyaluran bantuan.

"Kami sudah menyarankan setiap kepala desa menciptakan keterbukaan informasi terkait penerima Bantuan Sosial," katanya di Ngabang, Jumat (5/6/2020).

Karolin mengatakan, keterbukaan informasi seperti ini selain memberikan ruang pengawasan langsung bagi masyarakat, juga untuk mengukur apakah Bansos yang diberikan sudah tepat sasaran.

"Maksud kita agar masyarakat bisa langsung mengawasi penyaluran bantuan yang diberikan pemerintah apakah tepat sasaran atau tidak," kata mantan anggota DPR dari PDIP ini.

Menurutnya, kepala desa bisa memanfaatkan banyak cara untuk mengumumkan penerima Bansos itu. Bila memang tidak ada akses ke media, bisa menggunakan saranan pengumuman publik seperti spanduk, baliho atau cetak selebaran.

Karolin mengatakan, Bansos yang diberikan kepada warga saat ini berasal dari beragam sumber. Tak cuma dari Dana Desa, tapi juga dari pemerintah pusat.

Bansos tersebut di antaranya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).


Editor : Reza Yunanto