Deretan Mobil Bertampang Aneh, Saking Nyelenehnya Dijuluki Paus Biru

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 16 April 2020 - 22:00 WIB
Deretan Mobil Bertampang Aneh, Saking Nyelenehnya Dijuluki Paus Biru
Penampakan Dodge Deora 1967, Ford Upside Down dan Pininfarina 512 S Modulo 1970 (searah jarum jam). (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id - Imajinasi desainer terkadang menghasilkan karya ekstrem atau sesuatu yang tak lazim. Hal ini berlaku pula di dunia otomotif.

Sederet mobil tercatat memiliki bentuk “nyeleneh”. Kendati secara fungsi sama, yakni membawa pengendara untuk membawa dari satu tempat ke tempat lain, namun bentuknya yang di luar kewajaran membuat mereka menjadi pusat perhatian penggemar otomotif dunia di masanya.

Berikut 6 mobil unik tersebut:

1. Pininfarina 512 S Modulo 1970

Mobil Ferrari yang satu ini punya desain berbeda ketimbang model-model Ferrari lainnya. Namun, Pininfarina 512 S Modulo yang dikenalkan pada 1970 gagal di pasaran karena desainnya kurang diminati konsumen.

2. Chaparral 2H

Mobil aneh ini didesain lengkap dengan sayap di bagian tengah mobil, serta dua lengan yang menjulang ke atas.

Mobil Chaparral 2H (Foto: Grand Prix).
Mobil Chaparral 2H (Foto: Grand Prix).

“Melihat ke belakang selama bertahun-tahun Anda harus bertanya-tanya bagaimana Jim Hall bisa salah dengan Chaparral 2H,” tulis laman Grand Prix, dikutip Rabu (16/4/2020). “Tetapi harus diingat bahwa jenius sejati harus dibiarkan gagal. Mobil yang dijuluki Paus Biru oleh para pesaingnya pasti diam-diam dikagumi oleh rekan-rekan desainernya.”

3. March Engineering 711

Salah satu mobil Formula 1 (F1) dan mendapatkan julukan Spitfire lantaran desainnya yang aneh karena memiliki sayap pada bagian hidung yang membuatnya terlihat ekstrem untuk mobil F1. Saat ini termasuk mobil langka.

4. Ford Upside Down

Ford Upside Down merupakan mobil ciptaan Jeff Block yang punya desain unik dengan casing ban mobil berada di atas sehingga terlihat terbalik. Mobil ini sering digunakan pada ajang musim balap Lemons di negaranya.

5. Dream Car 123

Mobil unik ini diciptakan Greg Zanis. Kendaraan tersebut diklaim sebagai mobil futuristik karena mengusung moto elektrik sebagai mesin utamanya. Namun, desain mobil ini terlihat sangat lucu, karena berbentuk segitiga, seperti pesawat alien yang sering terlihat di film-film science fiction era 1960-an.

6. Dogde Deora 1967

Konsep mobil yang menggabungkan kendaraan pikap dengan gaya yang sporty adalah awal dari diciptakannya Dodge Deora 1967. Mobil unik ini hadir dengan bak terbuka yang cukup luas dan tidak terlalu tinggi seperti Muscle Car yang juga di produksi pabrik tersebut.

Namun, desain mobil ini tak berjalan sesuai rencana, karena secara kesuluruhan tak enak dilihat. Akhirnya para petinggi Dodggy menolak memproduksi mobil unik yang ide pertamanya lahir dari Alexander bersaudara.


Editor : Zen Teguh