DPRD Kayong Utara Keluhkan Jalan Rusak Siduk Sukadana di Teluk Batang

Antara ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 17:38 WIB
DPRD Kayong Utara Keluhkan Jalan Rusak Siduk Sukadana di Teluk Batang
Mobil terguling akibat jalan rusak parah di ruas jalan Siduk - Sukadana di Teluk Batang, Kayong Utara, Kalbar. (Antara)

KAYONG UTARA, iNews.id - DPRD Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar) mengeluhkan lambatnya penanganan kerusakan di Jalan Siduk-Sukadana di Teluk Batang. Jalan tersebut merupakan urat nadi perekonomian warga Kayong Utara.

Ketua DPRD Kayong Utara, Sarnawi mengatakan, ada informasi yang beredar tentang pemangkasan anggaran pemeliharaan jalan oleh dinas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar.

Merespons hal itu, DPRD dan Pemerintah Daerah Kayong Utara menjadwalkan pertemuan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Pemprov Kalbar.

"Sudah ada jadwal Komisi II dan lintas komisi kordinasi sama PU Provinsi dan Dinas Perhubungan Kalbar tentang jalan Siduk-Sukadana Teluk Batang," katanya.

Sarnawi mengatakan, DPRD dan Pemda Kayong Utara berharap ada pertimbangan Pemprov Kalbar agar memberikan solusi terbaik untuk memperbaiki ruas jalan yang rusak itu.

"Harapan dari pertemuan ini pihak provinsi bisa memprioritaskan Jalan Siduk Sukadana - Teluk Batang karena sangat urgen saat ini dan berdampak pada perekonomian masyarakat KKU," katanya.

Dia mengatakan, selain ke Dinas Pekerjaan Umum, DPRD dan Pemda Kayong Utara juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan provinsi agar mengawasi mobil ekspedisi yang kelebihan kapasitas dan dimensi yang menjadi salah satu penyebab jalan di Kayong Utara banyak yang rusak parah.

"Kami mengerti saat ini keadaan wabah Covid-19 banyak program yang sudah diagendakan dipangkas untuk penanganan. Namun untuk situasi dan keamanan jalan tersebut juga sangat prioritas," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Kalbar mengalokasikan anggaran sebesar Rp12 miliar untuk ruas Jalan Siduk-Teluk Batang di Kabupaten Kayong Utara.

Anggaran tersebut dibagi dua, pertama untuk peningkatan Jalan Siduk-Sukadana sepanjang 2,07 KM sebesar Rp7 miliar dan pemeliharaan Jalan Sukadana-Telok Batang sebesar Rp5 miliar lebih.


Editor : Reza Yunanto