Duh, Ibu Gendong Bayi di Pontianak Nekat Lewati Jalur Tikus Perbatasan Malaysia

Antara ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 00:55:00 WIB
Duh, Ibu Gendong Bayi di Pontianak Nekat Lewati Jalur Tikus Perbatasan Malaysia
Prajurit TNI memeriksa warga yang melintas di jalur tikus perbatasan negara. (Foto: Antara).

PONTIANAK, iNews.id - Seorang ibu yang merupakan pekerja migran nekat menggendong bayinya melewati jalur tikus perbatasan Indonesia-Malaysia di Pos Mentari Desa Sebindang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Perempuan tersebut diamankan TNI karena dianggap melanggar aturan.

"Kami amankan ibu itu, karena berusaha masuk kembali ke Indonesia dari Malaysia melalui jalur tidak resmi," kata Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan, dalam keterangannya, Selasa (13/1/2021).

Menurut dia, pekerja migran asal Indonesia itu diamankan saat personel Satgas Pamtas Yonif 407/PK Pos Mentari melaksanakan patroli di jalur perbatasan.

Dia mengatakan, jalur tikus memang sering dilalui oleh para pelintas batas tanpa melalui prosedur keimigrasian. Karena itu menjadi tanggung jawab petugas untuk memeriksa siapapun yang hendak masuk ke wilayah Indonesia.
 
"Kami laksanakan patroli secara rutin untuk mencegah lalu lintas orang maupun barang secara ilegal," ujar dia.
 
Dia mengatakan, setiap pekerja migran dari Malaysia yang masuk ke Indonesia harus melalui serangkaian pemeriksaan, seperti pemeriksaan dokumen dan kesehatan.
 
"Pemeriksaan kesehatan ini harus dilakukan untuk memastikan mereka tidak terpapar Covid-19," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal