Gubernur Sutarmidji Ingin Data Warga Miskin Diperbaiki, Minta Polda Kalbar Bantu Validasi

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 14:59 WIB
Gubernur Sutarmidji Ingin Data Warga Miskin Diperbaiki, Minta Polda Kalbar Bantu Validasi
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji ingin memperbaiki data warga miskin. Sutarmidji meminta Polda Kalbar membantu validasi di lapangan.

Sutarmidji berharap Polda Kalbar bisa membantu melalui jaringan Babinkamtibmas dan Babinsa yang ada di tengah masyarakat hingga ke pelosok.

"Jadi data-data yang kami peroleh betul-betul valid, sehingga nantinya tidak ada lagi permasalahan di lapangan," kata Sutarmidji usai menghadiri HUT Bhayangkara ke-74 di Mapolda Kalbar, Jumat (26/6/2020).

Sutarmidji mengatakan, pemerintah Kalbar saat ini sedang melakukan validasi data masyarakat miskin yang perlu mendapat bantuan. Data tersebut akan dibuat hingga ke tingkatan RT dan divalidasi berjenjang mulai dari RW, desa atau kelurahan, hingga kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi.

Dalam validasi itu, Sutarmidji berharap bisa bekerja sama dengan Polda Kalbar agar data yang ada lebih akurat. "Data tersebut juga di validasi oleh Babinkamtibmas dan Babinsa," tuturnya.

Sebelumnya, Sutarmidji menyebut penyaluran Jaring Pengamanan Sosial (JPS) di tengah pandemi Cvodi-19, kurang efektif. Hal itu terjadi lantaran data yang tidak akurat dan kurangnya koordinasi pusat dan daerah.

"Dalam penyaluran Jaring Pengaman Sosial pandemi Covid-19, kita masih terkendala penyajian data yang kurang efektif. Hal ini menyebabkan penyaluran bantuan di lapangan menjadi banyak yang tidak tepat sasaran. Belum lagi soal koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang juga belum maksimal," kata Sutarmidji, Kamis (25/6/2020).


Editor : Reza Yunanto