Gubernur Sutarmidji Minta PLN Perluas Jaringan Agar Semua Desa Dialiri Listrik

Antara ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 15:32 WIB
Gubernur Sutarmidji Minta PLN Perluas Jaringan Agar Semua Desa Dialiri Listrik
Gubernur Sutarmidji mengikuti diskusi daring Gugus Tugas Covid-19 pusat, Jumat (3/7/2020). (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meminta PT PLN memperluas jaringan listrik. Masih banyak warga Kalbar di pedalaman yang belum bisa menikmati listrik.

"Masih banyak warga desa yang mendambakan listrik. Sementara itu ada beberapa lokasi desa di Kalbar yang tidak bisa dialiri listrik PLN," kata Sutarmidji di Pontianak, Kamis (9/7/2020).

Sutarmidji mengatakan keberadaan listrik dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kalbar. Menurutnya perlu dicari solusi alternatif agar bisa mengaliri listrik di wilayah yang sulit dijangkau.

"Salah satunya adalah dengan memanfaatkan potensi hidro dan solar sel. karena dengan tersedia listrik masyarakat dapat melakukan berbagai hal," ujarnya.

Menurutnya, kelebihan kapasitas energi listrik yang dimiliki PLN saat ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal. Jangan sampai ada yang terbuang percuma. Untuk itu dia mengatakan para investor untuk memaksimalkan pemakaian listrik PLN dalam membangun dan mengembangkan usahanya.

"Saya mengimbau para investor untuk memaksimalkan penggunaan listrik PLN karena biayanya pasti jauh lebih murah ketimbang membangkitkan listrik sendiri," ujarnya.

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini menuturkan, PT PLN bisa membuat terobosan dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Kalbar. Salah satunya memanfaatkan sumber daya alam untuk membangun pembangkit listrik.

"Buat pembangkit listrik di mulut tambang untuk menekan biaya operasional sehingga listrik dapat terjangkau oleh masyarakat," katanya.

Menanggapi usulan itu, General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo mengatakan, PT PLN akan menindaklanjuti arahan tersebut mendukung percepatan pembangunan di Kalbar.

"Kami berharap keberadaan PLN dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalbar dengan mendukung program pemerintah dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto