Kabar Gembira, 40 Desa di Pelosok Kalbar Kini Bisa Nikmati Listrik

Antara ยท Jumat, 14 Agustus 2020 - 14:08 WIB
Kabar Gembira, 40 Desa di Pelosok Kalbar Kini Bisa Nikmati Listrik
PLN melakukan penyalaan simbolis listrik 40 desa di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. (Foto: PLN Kalbar)

PONTIANAK, iNews.id - PT PLN menambah jaringan listrik hingga ke wilayah pelosok di Kalimantan Barat (Kalbar). Sebanyak 40 desa kini bisa menikmati aliran listrik.

"Untuk penyalaan 40 desa secara simbolis telah dilakukan di Desa Cowet, Kecamatan Batang Tarang, Kabupaten Sanggau," ujar General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo di Pontianak, Jumat (14/8/2020).

Dia menjelaskan, hingga Juni 2020 PLN telah membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 260,78 kms, tegangan rendah (JTR) sepanjang 189,49 kms, dan 92 gardu distribusi. Dengan beroperasinya jaringan listrik yang telah dibangun itu, PLN bisa megalirkan listrik hingga ke 7.240 rumah warga.

"Kami ingin saudara-saudara kami di pelosok negeri ini juga dapat menikmati listrik termasuk rumah warga di Desa Cowet ini, " katanya.

Selain Desa Cowet, warga Desa Suak Barangan, Kecamatan Sadaniang, Kabupaten Mempawah juga mulai menikmati aliran listrik.

Dengan masuknya listrik di Desa Suak Barangan, maka rasio elektrifikasi desa berlistrik di Kabupaten Mempawah meningkat menjadi 100 persen.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengapresiasi PLN yang telah menyelesaikan pembangunan perluasan jaringan listrik di Kalbar sepanjang 2020.

Menurutnya, keberadaan listrik dari PLN di wilayah pelosok tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan.

Sutarmidji menuturkan, dari 40 desa yang teraliri listrik itu, sebanyak 19 desa merupakan desa baru dan 21 desa lainnya tersebar di beberapa kabupaten.

"Saya berharap ke depannya kita semua dapat berkolaborasi dalam membangun infrastruktur kelistrikan agar semakin banyak masyarakat desa yang dapat segera menikmati listrik," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto