Jermal Rusak Ditabrak Kapal, Nelayan Kalbar Tuntut Ganti Rugi Pengusaha

Antara · Rabu, 23 Juni 2021 - 08:38:00 WIB
Jermal Rusak Ditabrak Kapal, Nelayan Kalbar Tuntut Ganti Rugi Pengusaha
Nelayan di Muara Kubu, Kalimantan Barat menuntut ganti rugi kepada pengusaha pelayaran karena jermal untuk menangkap ikan rusak ditabrak kapal.(Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sejumlah nelayan di Muara Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) menuntut ganti rugi kepada pengusaha pelayaran. Jermal atau alat penangkap ikan di laut milik mereka rusak ditabrak kapal.

Para nelayan tersebut mengadu kepada Kesyahbanadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak. Mereka menuntut agar kapal yang menabrak jermal mereka bertanggungjawab.

KSOP Pontianak selanjutnya menfasilitasi pertemuan para nelayan dengan 20 pengusaha kapal.

"Dengan aduan tersebut, pihak KSOP memfasilitasi pertemuan dengan 20 perwakilan perusahaan pelayaran di daerah setempat," kata Kepala KSOP Pontianak, Aprianus Hangki dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Namun dalam pertemuan itu, para nelayan tidak mengetahui kapal apa yang menabrak jermal mereka. Hal itu menyulitkan untuk menentukan pihak yang harus memberi ganti rugi. 

Akhirnya disepakati bahwa 20 pengusaha pelayaran tersebut sukarela memberikan ganti rugi kepada pemilik jermal.  Para pengusaha kapal itu masing-masing memberikan bantuan Rp1-2 juta untuk nelayan yang jermalnya rusak.

"Jadi 20 perusahaan itu sudah sepakat meringankan dengan cara sukarela karena penabrak jermal tidak ditemukan," tuturnya.

Dia menambahkan bantuan sukarela itu diberikan karena tidak diketahui kapal yang menabrak jermal. Bila itu diketahui, KSOP mendukung para nelayan mematok besaran ganti rugi.

"Seandainya tersangka jermalnya ada, Boleh dipatok untuk jumlah harga ganti ruginya," ujarnya.

Sementara itu salah satu pemilik jermal yang rusak, Herianto mengaku jermal miliknya rusak ditabrak kapal pada April 2021. Dia menyebut kerugian para korban ditaksir Rp300 juta.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: