Jumlah PDP Covid-19 di Pontianak Naik, Masyarakat Diimbau Terapkan Protokol Kesehatan

Antara ยท Minggu, 31 Mei 2020 - 12:44 WIB
Jumlah PDP Covid-19 di Pontianak Naik, Masyarakat Diimbau Terapkan Protokol Kesehatan
Ilustrasi cuci tangan. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id – Masyarakat Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) diimbau untuk terus disiplin menjaga kebersihan dan mencegah penularan Covid-19. Di antaranya dengan tetap mengenakan masker, menjaga jarak aman dan selalu mencuci tangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Sidiq Handanu mengatakan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD Soedarso Pontianak terus bertambah seiring semakin tingginya aktivitas warga jelan dan selama Lebaran. Maka dengan perilaku disiplin masyarakat, dalam mencegah dari paparan Covid-19.

"Masyarakat jangan sampai minta bukti bahwa Covid-19 memang ada, seperti misalnya ada korban yang tiba-tiba meninggal di jalan atau lainnya, tetapi cukup mendengar atau melihat kasusnya di televisi saja, karena kalau hal itu terjadi maka rumah sakit yang ada tidak akan mampu melayani peningkatan pasien," katanya, Minggu (31/5/2020).

Apalagi, saat ini, Kota Pontianak khusunya dan Kalbar umumnya belum sampai memasuki tahapan penerapan "new normal" atau kenormalan baru. Maka dari itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker, jaga jarak aman dan sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pemkot bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sudah mendiskusikan dan terus menyusun persiapan kenormalan baru.

"Terlebih saat ini pembatasan-pembatasan di Kota Pontianak sudah diberlakukan pada setiap aktivitas masyarakat, baik itu sosial, ekonomi, pendidikan, ibadah dan sebagainya," katanya.

Dia menjelaskan, penerapan kenormalan baru itu akan dilaksanakan berdasarkan seberapa besar tingkat ketertularan atau penyebaran Covid-19 di Kota Pontianak.

"Peningkatan ketertularan Covid-19 di Kota Pontianak akan menjadi salah satu dasar menerapkan kenormalan baru tersebut," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah