Jumlah TPS Pilkada di Sintang Bertambah 150 karena Terapkan Protokol Kesehatan

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 10:29 WIB
Jumlah TPS Pilkada di Sintang Bertambah 150 karena Terapkan Protokol Kesehatan
Ilustrasi TPS (dok iNews.id)

SINTANG, iNews.id - Situasi pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat akan berjalan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Penerapan protokol kesehatan menyebabkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) bertambah sebanyak 150 TPS.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang, Hazizah mengatakan, salah satu penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pilkada yakni membatasi jumlah pemilih dalam satu TPS demi mencegah kerumunan. Sebelumnya hanya ada 1.250 TPS di Sintang, kini bertambah menjadi 1.400 TPS.

"Penambahan jumlah TPS karena sebelumnya satu TPS bisa sebanyak 800 pemilih. Dampak pandemi, jumlah pemilih dikurangi menjadi 500 orang saja per TPS dalam upaya menjaga jarak," katanya di Sintang, Rabu (17/6/2020).

Selain bertambahnya TPS, petugas di TPS juga akan mengenakan alat pelindung diri (APD). Hal lain yaitu menyiapkan sarana terkait kebersihan seperti tempat cuci tangan dan penyediaan hand sanitizer.

"Intinya kami sudah siap melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang," tuturnya.

Dia menambahkan, para pemilih juga nantinya diwajibkan menggunakan masker. Apabila tidak menggunakan masker, petugas TPS wajib menyediakan masker bagi pemilih.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Sintang, jumlah pemilih tercatat sebanyak 313.571 orang. Tahapan awal Pilkada di Sintang, kata dia, akan diawali pelantikan Petugas Pemungutan Suara (PPS).

"Sementara untuk anggaran penyelenggaraan Pilkada di Sintang sebesar Rp45 miliar," katanya.


Editor : Reza Yunanto