Kabar Baik, Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Bengkayang Kalbar Jadi 3 Orang

Antara ยท Sabtu, 20 Juni 2020 - 07:14 WIB
Kabar Baik, Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Bengkayang Kalbar Jadi 3 Orang
Ilustrasi positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Tiga pasien Covid-19 di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar) dinyatakan sembuh. Dengan demikian kini masih ada dua pasien Covid-19 di kabupaten tersebut yang masih menjalani perawatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkayang, Agustinus C, mengatakan pihaknya menerima surat yang menyatakan satu pasien berinisial A dinyatakan sembuh. Pernyataan tersebut berdasar hasil pemeriksaan PT PCR metode real time yang dilaksanakan oleh lab RS Untan, 18 Juni 2020.

"Kabupaten Bengkayang ada lima orang terkonfirmasi Covid-19 dan tiga orang dinyatakan sembuh," katanya Jumat (19/6/2020).

Meskipun demikian, dia tetap mengimbau masyarakat dan semua pihak untuk tetap bersatu melawan Covid-19. Harapannya, mata rantai Covid-19 terputus terutama di Kabupaten Bengkayang.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkayang, Yakobus menyatakan, penyerapan anggaran penanganan Covid-19 sudah berjalan. Sejauh ini sudah ada tiga OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait telah melaporkan penggunaan anggaran.

"Sudah ada, antara lain dinkes, dinsos dan BPBD. Jika dipersentasekan penyerapan anggaran untuk penanganan Covid-19, di dinkes 3,5 persen, dinsos 37 persen, dan BPBD 5,5 persen. Sekarang ini pengadaan barang dan jasa khusus kesehatan dalam proses," katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Esidorus menanggapi wajar serapan anggaran dari beberapa OPD terkait terlihat masih kecil. Hal ini karena butuh kehati-hatian.

"Wajar karena azas kehati-hatian. Kami berharap anggarannya dipergunakan dengan tepat sasaran untuk penanganan Covid-19. Semua pihak mesti ikut mengawasi penggunaan anggarannya," kata Esidorus.

Dia mengatakan, anggaran yang sudah direkomendasikan tersebut dipergunakan dengan baik dalam penanganan Covid-19, terutama ke gugus tugas. Anggaran tersebut diganakan untuk belanja hal-hal yang diperlukan dalam penanganan Covid-19 di Bengkayang, termasuk dampak sosial dan ekonomi masyarakat nantinya.

Terkait pasien yang sembuh, dia menyambut gemira kabar tersebut. Namun dia meminta masyarakat tetap disiplin melakukan protokol kesehatamn.

"Tentu ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Bengkayang, namun kami minta agar masyarakat tidak boleh lengah. Kita harus tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah