Kasus Covid-19 Meningkat, Ruang Isolasi RSUD Soedarso Pontianak Nyaris Penuh

Antara ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 11:42:00 WIB
Kasus Covid-19 Meningkat, Ruang Isolasi RSUD Soedarso Pontianak Nyaris Penuh
Ilustrasi ruang isolasi pasien Covid-19. (dok iNews.id)

PONTIANAK, iNews.id - Ruang isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedarso, Pontianak nyaris penuh akibat penambahan 80 kasus positif baru di Kalimantan Barat. Rumah sakit sedang menyiapkan ruangan tambahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson mengatakan, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami peningkatan.

"Bahkan di gedung isolasi terpadu lantai 1, 2 dan 3 di RSUD dr Soedarso sudah terisi. Begitu juga di ruangan isolasi yang memiliki fasilitas peralatan non-infasive ventilator dan alat ventilator juga hampir penuh," tuturnya, Minggu (11/10/2020).

Untuk mengantisipasi peningkatan itu, RSUD dr Soedarso sedang menyiapkan beberapa ruang tambahan termasuk pengadaan alat ventilator.

Diakui Harisson, peningkatan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit juga diikuti permintaan alat ventilator. Pasien dengan gejala sedang hingga berat memerlukan ventilator untuk membantu suplai oksigen.

"RS Sudarso sudah menambah lima ventilator untuk merawat pasien Covid-19 . Sedangkan untuk menjaga ketersediaan ruangan isolasi, RS Sudarso akan menambah kapasitas ruangan," tuturnya.

Harisson menuturkan, dari 80 kasus positif terbaru itu, ada 12 yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan sisanya isolasi mandiri.

Dari 80 kasus tersebut, paling banyak terdapat di Pontianak yakni 36 kasus. Kembudian Kubu Raya 17 orang, Kayong Utara 10 orang, Sintang 9 orang, Singkawang 4 orang, Mempawah dan Bengkayang masing-masing 2 orang.

"Total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalbar saat ini 1.216 orang, dan 917 orang sembuh, 9 orang meninggal," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: