Kawasan Kumuh di Pontianak Sisa 3,9 Hektare, Edi Kamtono: Jangan Ada yang Baru

Antara · Senin, 19 September 2022 - 14:22:00 WIB
Kawasan Kumuh di Pontianak Sisa 3,9 Hektare, Edi Kamtono: Jangan Ada yang Baru
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mewanti-wanti agar tak ada kawasan kumuh baru. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut kawasan kumuh di Kota Pontianak tersisa 3,9 hektare. Dia mewanti-wanti agar tidak ada kawasan kumuh baru di ibu kota Kalimantan Barat ini.

"Saat ini luasan kawasan kumuh di wilayah kita tersisa 3,9 hektare dengan kategori sedang. Semoga kawasan kumuh itu terus semakin berkurang," ujar Edi di Pontianak, Senin (19/9/2022).

Edi mengatakan, untuk mengurangi kawasan kumuh di Kota Pontianak telah dilakukan sejumlah program kolaborasi Kementerian PUPR dengan Pemkot Pontianak.

Salah satunya di kawasan Parit Nanas. Kawasan tersebut kini telah menjadi daerah yang tertata dengan baik dan berkembang sebagai destinasi wisata air.

Setelah Parit Nanas, Edi menyebut target selanjutnya adalah kawasan kumuh di Gang Semut. Untuk menghapus stigma kawasan kumuh, hal yang harus diperhatikan adalah meningkatkan kualitas infrastrukturnya.

"Mulai dari peningkatan kualitas jalan, drainase, ketersediaan sambungan air bersih, pengolahan sampah, termasuk rumah tinggal yang tidak layak huni dibedah agar menjadi layak huni," ujar Edi.

Selanjutnya toilet dan sanitasi dan akses pemadam kebakaran. Tak kalah pentingnya menurut Edi adalah penghijauan.

"Upayakan tidak ada ruang terbuka yang tidak ditanami pohon," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: