Kelangkaan Elpiji Bersubsidi di Pontianak, Pangkalan Diduga Jual ke Pelaku Usaha

Uun Yuniar ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 14:42:00 WIB
Kelangkaan Elpiji Bersubsidi di Pontianak, Pangkalan Diduga Jual ke Pelaku Usaha
Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat menduga ada pangkalan gas nakal yang menjual elpiji bersubsidi ke pelaku usaha. Hal tersebut yang memicu kelangkaan gas elpiji bersubsidi di Pontianak.

"Ada indikasi pangkalan gas menjual elpiji bersubsidi ini ke pelaku usaha," kata Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, Kamis (6/8/2020).

Bahasan mengatakan, Pemkot Pontianak langsung berkoordinasi dengan Pertamina begitu terjadi antrean masyarakat di berbagai pangkalan untuk mendapatkan elpiji bersubsidi.

Salah satunya yakni menggelar operasi pasar agar masyarakat mendapatkan elpiji bersubsidi yang tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

Selain itu Pertamina juga sudah membatasi kuota elpiji bersubsidi kepada pangkalan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi penjualan elpiji bersubsidi kepada yang tidak berhak.

"Alhamdulillah Pertamina berjanji masalah ini akan tereliminasi kurang lebih satu minggu ini," katanya.

Sebelumnya, Pertamina mengatakan stok elpiji bersubsidi di Kalbar aman. Selain menambah stok, Pertamina juga melakukan operasi pasar di sejumlah tempat.

Sedangkan Pemkot Pontianak menurunkan Satpol PP untuk merazia pelaku usaha yang masih menggunakan elpiji bersubsidi dalam menjalankan bisnisnya.


Editor : Reza Yunanto