Klaster Covid-19 Ditemukan di RSUD Soedarso Pontianak, 5 Orang Positif Corona

Antara ยท Jumat, 18 September 2020 - 10:01 WIB
Klaster Covid-19 Ditemukan di RSUD Soedarso Pontianak, 5 Orang Positif Corona
Kepala Dinkes Kalbar Harisson dan pejabat pemprov lainnya menjalani prosedur tes Covid-19, Senin (24/8/2020). (Foto: Pemprov Kalbar)

PONTIANAK, iNews.id - Klaster penyebaran Covid-19 ditemukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Ada lima orang yang terkonfirmasi positif dari klaster tersebut.

Penemuan klaster terbaru di Pontianak itu, diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson saat memaparkan perkembangan penanganan Covid-19 terkini, Kamis (17/9/2020) sore.

"Untuk tambahan kasus di Pontianak, lima orang di antaranya merupakan klaster RSUD Soedarso," katanya.

Harisson mengatakan, klaster tersebut bermula dari seorang karyawan bagian manajemen rumah sakit. Karyawan tersebut mengalami demam, batuk dan pilek serta kehilangan penciuman. Namun karyawan itu tidak melapor ke manajemen RSUD Soedarso dan tetap beraktivitas seperti biasa.

"Sampai pada saat dirinya mengalami sesak dan dirawat di RSUD Soedarso, diketahui bahwa yang bersangkutan terkonfirmasi Covid-19," tuturnya.

Atas penemuan kasus tersebut, pihak rumah sakit melakukan penelusuran kontak erat. Hasilnya ada empat staf lainn yang bekerja satu ruangan juga terkonfirmasi positif.

"Jadi di RSUD Soedarso ini ada 5 orang yang terkonfirmasi Covid-19," katanya.

Harisson mengatakan, dari informasi yang diperoleh, pasien yang menjadi awal mula penularan virus corona tersebut kerap tidak menggunakan masker.

"Dia juga terkesan meremehkan sehingga yang bersangkuta tertular dan menularkan virus ini kepada staf lainnya," katanya.

Harisson mengatakan, untuk total penambahan kasus positif di Kalbar mencapai 22 orang. Dari jumlah itu, 12 orang berasal dari Pontianak, 5 orang dari Kubu Raya, 3 orang dari Mempawah, 1 dari Singkawang, dan seorang dari luar wilayah Kalbar.

"Sampai hari ini terdapat 825 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalbar. Sedangkan 627 orang dinyatakan sembuh dan tujuh orang meninggal," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto