Komoditas Sawit di Kalbar Catat Harga Tertinggi, Rp2.236,76 per Kilogram

Antara ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 14:48:00 WIB
Komoditas Sawit di Kalbar Catat Harga Tertinggi, Rp2.236,76 per Kilogram
Harga sawit Kalbar naik. (Foto: Dok MC Kalsel)

PONTIANAK, iNews.id - Komoditas kelapa sawit di Kalimantan Barat (Kalbar) mencatat harga tertinggi sepanjang 2021. Pada April harganya mencapai Rp2.236,76 per kilogram.

"Berdasarkan hasil penetapan harga untuk periode II April 2021 yang berlaku hingga pertengahan Mei 2021 telah mencatat harga tertinggi sepanjang delapan kali penetapan di 2021 ini," ujar Kepala Dinas Perkebunan Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Selasa (4/5/2021).

Dia menjelaskan, tren permintaan minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oli (CPO) dunia terus meningkat. Hal itu mendorong harga sawit di Kalbar terus membaik dan stabil untuk harga tertinggi hingga di atas Rp2.000 per kilogram.

Menurutnya selain faktor permintaan luar, permintaan CPO dalam negeri kini juga meningkat. Hal itu karena oleh kebijakan pemerintah untuk kebijakan B20 dan B30.

"Penyerapan pasar untuk dalam negeri sekarang juga sudah tinggi dengan adanya kebijakan B30 oleh pemerintah. Jadi permintaan luar tinggi dan penyerapan pasar dalam negeri besar maka harga naik,” katanya.

Dengan kenaikan harga sawit secara umum, dia berharap akan berkorelasi terhadap peningkatan petani dan perusahaan perkebunan tersebut.

“Harapan kita harga seperti ini terus stabil dan mengalami kenaikan. Dengan harga naik tingkat kesejahteraan petani membaik karena pendapatan naik tersebut,” katanya.

Editor : Reza Yunanto