Langgar Protokol Kesehatan, Warga Singkawang Terancam Sanksi Kerja Sosial

Antara ยท Sabtu, 12 September 2020 - 11:45 WIB
Langgar Protokol Kesehatan, Warga Singkawang Terancam Sanksi Kerja Sosial
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (Foto: Istimewa).

SINGKAWANG, iNews.id - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, memberlakukan sanksi terhadap warga yang terbukti melanggar protokol kesehatan. Mereka akan diwajibkan kerja sosial selama 30 menit.

Dia mengatakan, aturan mengenai pengenaan sanksi pada pelanggar protokol kesehatan tertuang dalam Peraturan Wali Kota Singkawang No 49 tahun 2020. Mulai dari teguran lisan, tertulis, hingga sanksi.

"Sanksi ini juga berlaku untuk ASN dan aparat TNI-Polri," kata dia di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (12/9/2020).

Menurut dia, untuk ASN akan diberikan sanksi tak akan mendapat tambahan penghasilan pegawai (TPP) selama satu bulan. Sementara anggota TNI-Polri akan diserahkan ke pimpinan masing-masing.

Sanksi juga dikenakan kepada pelaku usaha yang melanggar protokol kesehatan. Hukuman beratnya yakni penutupan sementara kegiatan usaha hingga pencabutan izin dan denda Rp1 juta.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Singkawang, Barita P Ompusunggu mengatakan, pengenaan sanksi ditujukan untuk meningkatkan disiplin warga menjalankan protokol kesehatan.

"Saat ini masih banyak masyarakat yang abai menjalankan disiplin protokol kesehatan," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal