Longsor Dekat Perbatasan Malaysia, Jalan di Bukit Genting Lanjak Tak Bisa Dilalui

Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 13:48 WIB
Longsor Dekat Perbatasan Malaysia, Jalan di Bukit Genting Lanjak Tak Bisa Dilalui
Longsor Bukit Genting Lanjak (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Longsor terjadi di perbatasan Malaysia-Indonesia di Bukit Genting Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Akibat longsor, ruas jalan di Bukit Genting Lanjak tertimbun tanah dan tak bisa dilewati kendaraan.

"Informasi yang kami dapatkan longsor terjadi subuh tadi," kata
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan dihubungi di Putussibau, Kamis (18/6/2020).

Gunawan menuturkan, informasi dari warga longsog terjadi akibat curah hujan yang tinggi di wilayah itu sejak semalam.

Menurut Gunawan, material tanah longsor dari Bukit Genting Lanjak itu menimbun ruas jalan sepanjang 4-5 meter. Dalam peristiwa longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena tak ada warga yang melintas saat itu.

Saat ini, kata dia, Camat, Kapolsek dan Danramil serta warga setempat sudah ke lokasi untuk membersihkan material longsor seperti kayu dan tanah di ruas jalan.

"Untuk pembersihan tanah longsor itu kami sarankan camat menghubungi pihak PT Erma agar menggunakan alat berat yang mereka miliki," ujarnya.

Gunawan mengatakan, hingga siang ini, jalan tersebut sudah mulai bisa dilintasi. Namun kondisinya masih basah sehingga kendaraan yang melintas harus berhati-hati.

Ruas jalan di Bukit Genting Lanjak jalan penghubung ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu menuju pintu perbatasan Malaysia-Indonesia. Jalan tersebut juga merupakan ruas jalan yang dilalui menuju kawasan wisata Taman Nasional Danau Sentarum.


Editor : Reza Yunanto