Matahari Disebut Terbit dari Utara di Jeneponto, Ternyata Ini yang Terjadi

Sulaiman Nai, Herman Kambuna ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 16:20:00 WIB
Matahari Disebut Terbit dari Utara di Jeneponto, Ternyata Ini yang Terjadi
Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Jeneponto. (Foto. dok iNews.id)

JENEPONTO, iNews.id - Sebuah video viral di media sosial menyebut matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun merespons video tersebut dengan penjelasan yang sebenarnya terjadi.

Video viral itu diunggah seorang guru di salah satu sekolah. Dia merekam fenomena saat matahari tampak terbit dari wilayah utara. Video tersebut viral dan membuat geger warga di Jeneponto.

Menanggapi video iitu, prakirawan BMKG Rizky menyebut fenomena alam ini sebagai hal yang wajar.

Dia menerangkan, dalam rekaman video viral itu sebenarnya matahari terbit dari timur. Namun dalam pergerakannya condong ke sisi utara, karena tidak berada pada garis khatulistiwa

"Jadi tetap terbit dari timur, tetapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu," kata Rizky di Kota Makassar, Kamis (17/6/2021).

Rizky menjelaskan, fenomena itu memang biasa terjadi mulai Maret dan puncaknya terjadi pada Juni dan berakhir September di setiap tahunnya.

"Jadi nanti setelah September menuju Oktober, November, Desember, dia bergeraknya perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan," katanya

Editor : Reza Yunanto