Mulai New Normal, Pemkot Pontianak Evaluasi Penerapan Kerja dari Rumah

Antara ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 19:18 WIB
Mulai New Normal, Pemkot Pontianak Evaluasi Penerapan Kerja dari Rumah
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat akan melakukan evaluasi terhadap penerapan bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk memasuki era New Normal di masa pandemi Covid-19.

"Kami akan terus melakukan evaluasi terhadap masalah yang dihadapi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah serta menyesuaikan dengan pola-pola baru tersebut," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa (26/5/2020).

Edi menjelaskan, Pemkot Pontianak juga memiliki standar penilaian terhadap kinerja ASN, sehingga pandemi Covid-19 tidak menjadi alasan untuk mengendorkan kinerja dalam pelayanan publik di Kota Pontianak.

Menurutnya, penerapan bekerja dari rumah beberapa waktu lalu tidak mengurangi kinerja ASN. Semua proses administrasi pemerintahan menurutnya berjalan dengan baik. Kendati demikian, ada kelemahan dalam penerapannya yang tidak bisa dihindari, yaitu lemahnya pengawasan.

"Yaitu tidak bisa dikontrol langsung," ujarnya.

Hari ini, aktivitas pelayanan publik di Pemkot Pontianak sudah mulai berjalan kembali. Edi meminta seluruh ASN di Pemkot Pontianak meningkatkan produktivitas kerjanya setelah beberapa saat bekerja dari rumah.

Di tengah pandemi Covid-19, ASN diminta tetap menaati protokol kesehatan saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker serta rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dalam mencegah agar tidak terpapar COVID-19," ujarnya.

Kemudian, untuk mencegah penularan Covid-19, Pemkot Pontianak akan melakukan rapid test terhadap ASN di lingkungan Pemkot Pontianak, terutama terhadap OPD yang berisiko seperti para lurah, camat, dan petugas yang langsung berhubungan dengan warga atau masyarakat.


Editor : Reza Yunanto