Ngaku Dibegal, Warga Singkawang Ini Ternyata Gelapkan Uang Perusahaan

Reza Yunanto · Rabu, 20 Juli 2022 - 10:50:00 WIB
Ngaku Dibegal, Warga Singkawang Ini Ternyata Gelapkan Uang Perusahaan
Ilustrasi begal.(Foto: Ilustrasi/Ist)

SINGKAWANG, iNews.id - Seorang warga Singkawang, Kalimantan Barat membuat laporan palsu ke polisi. Pria berinisial NAB (27) itu mengaku telah menjadi korban begal di jalan.

NAB melapor ke Polsek Singkawang Timur menjadi korban begal di Jalan Raya Singkawang-Bengkayang, Kelurahan Nyarumkop pada 31 Mei 2022. 

Belakangan terungkap laporan tersebut adalah palsu. Polisi yang menyelidiki laporan NAB menemukan kejanggalan.

"Kejadian pembegalan tersebut tidak pernah terjadi," kata Wakapolres Singkawang Kompol Raden Real Mahendra kepada wartawan, Selasa (19/7/2022).

Dia menjelaskan, dalam laporan itu NAB mengaku dalam perjalanan pulang ke kantor usai menagih uang konsumen. Kemudian dia diadang oleh dua pengendara motor yang memakai topeng. 

Salah satu pelaku memukul kendaraan NAB hingga kaca spion pecah dan mencekik lehernya. NAB mengaku menyerahkan uang Rp2,6 juta yang dia bawa kepada pelaku.

Namun ketelitian polisi mengungkap laporan NAB ini bohong belaka. Sebab, NAB mencari alasan untuk menggelapkan uang di tempatnya bekerja.

"Berkat usaha keras petugas di lapangan dan ketelitian dalam pemeriksaan, kami berhasil mengungkap kasus ini," ujar Mahendra.

Akibat laporan palsu tersebut, NAB kini menjadi tersangka. Dia dijerat Pasal 242 ayat 1 dan Pasal 220 KUHP dengan ancama penjara maksimal 7 tahun.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: