Operasi Patuh Kapuas 2020 Dimulai, Polda Kalbar Fokus 8 Pelanggaran

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 15:51 WIB
Operasi Patuh Kapuas 2020 Dimulai, Polda Kalbar Fokus 8 Pelanggaran
Kapolda Kalbar Irjen Pol R Sigid Tri Hardjanto cek pos pengamanan di Mempawah dan Landak. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) memulai Operasi Patuh Kapuas 2020 pada hari ini, Kamis, 23 Juli 2020. Operasi selama 14 hari ini fokus pada delapan jenis pelanggaran.

"Hari ini kami menggelar apel pasukan Operasi Patuh Kapuas 2020 untuk mengecek kesiapan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2020," kata Kapolda Kalbar Irjen R Sigid Tri Hardjanto di Pontianak, Kamis (23/7/2020).

Dia mengatakan, sasaran operasi yakni pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Delapan pelanggaran itu yakni pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, berboncengan melebihi kapasitas, tidak menggunakan sabuk keselamatan, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, kelebihan muatan melebihi dimensi, dan penggunaan kendaraan yang menggunakan lampu strobe bukan peruntukannya.

Menurutnya, tak hanya pelanggaran saat berlalu-lintas, tetapi juga kepatuhan pengendara terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Dia mengatakan, pelaksanaan operasi ini dilaksanakan secara tematik berdasarkan prioritas pelanggaran yang sering terjadi. Salah satu yang juga menjadi perhatian operasi kali ini juga keselamatan pengguna jalan.

"Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, penggunaan masker dan sosial distancing serta terciptanya situasi kamtibmas, keselamatan, dan ketertiban berlalu lintas yang aman dan nyaman," katanya.


Editor : Reza Yunanto