Pandemi Covid-19, Kalbar Target Layani 23.000 Akseptor KB

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 17:48 WIB
Pandemi Covid-19, Kalbar Target Layani 23.000 Akseptor KB
Ilustrasi petugas BKKBN (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Situasi pandemi Covid-19 tak menghalangi pelayanan alat kontrasepsi KB bagi warga Kalimantan Barat. Pada perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) mendatang, ditargetkan sebanyak 23.000 akseptor mendapat layanan KB.

"Pelayanan KB ini gratis bagi masyarakat Kalbar dan optimistis mampu mencapai target tersebut," kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar, Tenny C Soriton di Pontianak, Senin (29/6/2020)

Dia menjelaskan, untuk merealisasikan pencapaian target tersebut, BKKBN Kalbar telah menyiapkan tenaga pelayanan KB di 14 kabupaten/kota se-Kalbar. Selain itu ntuk semua alat kontrasepsi serta tempat pelayanan juga sudah disiapkan.

Selain melakukan pelayanan di fasilitas-fasilitas kesehatan seperti di rumah sakit dan puskesmas, BKKBN juga menggerakkan kader KB untuk melakukan pelayanan langsung ke rumah-rumah atau jemput bola bagi para akseptor.

Pelayanan KB yang dilakukan itu hanya pada alat kontrasepsi berupa pil atau kondom yang langsung diantarkan ke para akseptor yang masih dalam pengawasan para tenaga kesehatan setempat.

"Walau masih dalam situasi pandemi Covid-19, saya yakin target 23.000 pelayanan bagi akseptor pemasangan KB baru maupun ulangan ini dapat kami capai," katanya.


Editor : Reza Yunanto