PDAM Singkawang Kekeringan akibat Cuaca Panas, Warga Diminta Tampung Air

Antara ยท Jumat, 15 Oktober 2021 - 18:06:00 WIB
PDAM Singkawang Kekeringan akibat Cuaca Panas, Warga Diminta Tampung Air
Wali Kota Singkawang Tjhai Tjhui Mie meninjau salah satu intake PDAM Singkawang beberapa waktu lalu. (Foto: Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Cuaca panas selama dua pekan yang melanda Kota Singkawang Kalimantan Barat membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gunung Poteng kesulitan menyediakan air bersih. Masyarakat diminta menampung air untuk mengantisipasi kekuarangan pasokan air bersih.

Kabag Operasional PDAM Gunung Poteng Sutedi mengatakan, kesulitan air bersih ini karena intake (bangunan pengambilan air baku) mengalami kekeringan.

"Persediaan air di Intake gratifikasi Eria dan Hangmuy terjadi penurunan debit sumber air bak," ujarnya di Singkawang, Jumat (15/10/2021).

Penurunan yang terjadi mencapai 60 persen. Kondisi itu menurutnya yang membuat PDAM mengurangi distribusi air bersih ke pelanggan. 

Saat ini PDAM mengoptimalkan intake dari permukaan seperti Sungai Semelagi. Kendati kekurangan bahan baku air, namun pelayanan air bersih ke pelanggan tetap berjalan.

Selain cuaca panas selama dua pekan, kekeringan juga disebabkan perbaikan dan pelebaran jalan. Hal itu menyebabkan beberapa titik mengalami kebocoran.

"Kegiatan tersebut berdampak pada perpipaan yang ada di bahu jalan," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: