Pemerintah Siapkan Rp700 Miliar Bangun Jembatan Sambas Besar Tahun Ini

Antara ยท Senin, 12 April 2021 - 16:40:00 WIB
Pemerintah Siapkan Rp700 Miliar Bangun Jembatan Sambas Besar Tahun Ini
Gubernur Kalbar Sutarmidji. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran Rp700 miliar untuk membangun Jembatan Sungai Sambas Besar di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pembangunan dimulai tahun ini.

"Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo," kata Gubernur Kalbar Sutarmidji di Pontianak, Senin (12/4/2021).

Sutarmidji mengatakan, pembangunan jembatan tersebut tinggal menunggu hasil kajian keselamatan. Pembuatan jalan penghubungnya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sambas.

"Untuk jembatan akan mulai dibangun tahun ini," tuturnya.

Sutarmidji menjelaskan, pembangunan jalan ke lokasi Jembatan Sungai Sambas Besar telah dikerjakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN). Ada tiga segmen jalan yakni segmen Makrampai, Tekarang, dan Rambayan. 

"Dari tiga segmen tersebut, total panjang jalan adalah kurang lebih lima kilometer," katanya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas sinergi pembangunan kawasan tersebut. Sebab menurutnya pembangunan jembatan itu merupakan perjuangan provinsi untuk mengupayakan akses infrastruktur masyarakat di Sambas.

Sebelumnya, sempat beredar wacana bahwa jembatan itu akan ditunda. Namun Presiden Joko Widodo menghubungi Gubernur Kalbar dan berpesan bahwa pembangunan harus terus dijalankan dalam masa kepemimpinannya.

"Setelah ini Pemerintah Provinsi Kalbar akan memperjuangkan pembangunan Jembatan Kapuas III yang menghubungkan Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya," katanya.

Editor : Reza Yunanto