Pemkab Ketapang Dirikan Posko Pencegahan Karhutla Jelang Musim Kemarau

Antara ยท Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:07 WIB
Pemkab Ketapang Dirikan Posko Pencegahan Karhutla Jelang Musim Kemarau
TNI dan Polri padamkan kebakaran lahan di Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Antara/Ist)

KETAPANG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang, Kalimantan Barat mendirikan posko pencegahan kebakaran hutan lahan (karhutla) di Desa Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan. Pendirian posko dilakukan untuk mempercepat respons penanganan bila terjadi karhutla.

"Upaya pencegagan yang proaktif dalam merespons segala bentuk pembakaran lahan, hutan, dan kebun gambut itu sebagai hal positif," ujar Bupati Ketapang, Martin Rantan di Ketapang, Sabtu (25/7/2020).

Martin menuturkan, Pemkab Ketapang mendukung upaya pencegahan karhutla di daerah itu yang dilakukan lembaga swadaya masyarakat (LSM) peduli lingkungan dan sejumlah instansi terkait lainnya. Dirinya berharap semua elemen bisa turut membantu, baik itu pemerintah maupun swasta.

"Bahkan bisa saja juga dilibatkan Satpol PP dalam membantu membuat posko itu, dan pihak perusahaan-perusahaan sawit yang ada di sekitar desa juga harus membantu dalam mencegah karhutlabun itu," ujarnya.

Menurut Martin, posko yang dibangun ini hasil kerja sama dengan LSM Tropenbos Indonesia, dan mitra Kejari Ketapang dan TNGP.

Selain membangun posko, Martin mengusulkan agar dibangun juga fasilitas lain untuk pencegahan karhutla yakni pembuatan embung air. Embung tersebut digunakan untuk penyedia air saat musim kemarau, sehingga tidak kesulitan memadamkan api bila terjadi karhutla.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pelang, Duandi mengatakan, warga meminta dukungan Bupati Ketapang untuk mengeluarkan peraturan tentang penggunaan Dana Desa yang bisa digunakan oleh desa yang terkena dampak kebakaran dan pencegahan karhutlabun.


Editor : Reza Yunanto