Pemkot Pontianak Rapid Test ASN yang Bertugas di Layanan Publik

Antara ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 19:38 WIB
Pemkot Pontianak Rapid Test ASN yang Bertugas di Layanan Publik
Dinkes Pontianak melakukan rapid test 270 ASN yang bekerja di layanan publik. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat melakukan rapid test terhadap 270 Aparatur Sipil Negara (ASN). Rapid test diperuntukan bagi ASN yang bertugas di layanan publik.

"Tujuan dilakukan rapid test ini adalah untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kota Pontianak," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pontianak Sidiq Handanu di Pontianak, Jumat (29/5/2020).

Dia mengatakan, tes cepat tersebut menyasar para ASN yang bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat karena dinilai memiliki risiko paling besar tertular Covid-19.

Sidiq mengatakan, hasil rapid test ratusan ASN tersebut belum bisa diketahui hasilnya hari ini. Kendati demikian, apa pun hasilnya yang terpenting Pemkot Pontianak telah mempercepat deteksi Covid-19.

Bagi mereka yang mendapatkan hasil reaktif maka harus melakukan isolasi mandiri. Dinkes akan menyiapkan surat pengantar untuk tidak bekerja selama masa isolasi itu.

"Yang nonreaktif jangan merasa senang dulu karena risiko penularan masih ada. Yang reaktif juga tidak perlu sedih, karena dengan isolasi dan dalam kondisi sehat, penyakit ini bisa disembuhkan," katanya.

Dia menjelaskan, rapid test terhadap ASN yang bertugas melayani warga itu di antaranya petugas Dinkes di rumah sakit, puskesmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Inspektorat. Sedangkan rapid test terhadap ASN yang sebelumya tidak bekerja dari rumah, hasilnya telah keluar dan seluruhnya dinyatakan nonreaktif.

"Kita akan lakukan rapid test terhadap ASN secara bertahap," katanya.


Editor : Reza Yunanto