Pemkot Singkawang Terima Hibah Lahan 16 Hektare untuk Akses Jalan Bandara Baru

Antara · Rabu, 09 Juni 2021 - 08:55:00 WIB
Pemkot Singkawang Terima Hibah Lahan 16 Hektare untuk Akses Jalan Bandara Baru
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie meninjau lokasi pembangunan bandara. (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Sejumlah pemilik lahan menghibahkan lahan untuk membangun akses jalan ke bandara baru Kota Singkawang. Total lahan yang dihibahkan mencapai 16 hektare.

"Dari luas lahan 50 hektare untuk akses jalan bandara yang diperlukan, sementara ini kita sudah mendapatkan hibah sekitar 16 hektare," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Singkawang, Selasa (8/6/2021).

Dia menjelaskan, Pemkot Singkawang masih menunggu proses penyerahan hibah lahan dari masyarakat berupa sertifikat lahan yang diharapkan bisa selesai dalam pekan ini.

Menurutnya, Pemkot Singkawang berupaya keras untuk mewujudkan pembangunan bandara di Kota Singkawang. Dimulai dari proses penyediaan lahan bandara, ground breaking lahan bandara, hingga peninjauan lapangan oleh calon investor.

Dia mengatakan, pembangunan bandara dilakukan bertahap yang  menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Skema KPBU ditempuh mengingat adanya keterbatasan APBN dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur. 

Kontribusi swasta diperlukan untuk menjadi alternatif sumber pendanaan dan pembiayaan dalam penyediaan infrastruktur atau layanan publik.

"Sedangkan proses yang menjadi kewenangan Pemerintah Kota Singkawang adalah sampai pada tahap penyediaan lahan dan saat ini sudah menjadi kewenangan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini progres pembangunan Bandara Singkawang masih dalam tahap land clearing dan akan dilanjutkan dengan pembangunan landasan pacu.

Kepala Dinas PUPR Singkawang, Aser A Bakar mengatakan, rencana akses jalan masuk Bandara Singkawang dimulai dari titik Pasir Panjang.

"Panjangnya ada sekitar 10,5 Km dan lebar jalan direncanakan 50 meter," katanya.

Editor : Reza Yunanto