Pencarian 31 Korban Kapal Tenggelam Dihentikan, Ini Pertimbangan Tim SAR

Antara · Sabtu, 24 Juli 2021 - 14:25:00 WIB
Pencarian 31 Korban Kapal Tenggelam Dihentikan, Ini Pertimbangan Tim SAR
Tim SAR Gabungan masih terus melanjutkan pencarian para ABK dan nelayan akibat 18 kapal tenggelam di perairan Pontianak, Kalbar. (Foto: SAR Pontianak)

PONTIANAK, iNews.id - Tim SAR Pontianak resmi menghentikan operasi pencarian 31 korban kapal tenggelam. Keputusan ini diambil atas sejumlah pertimbangan dan kondisi di lapangan.

Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Haryadi mengatakan, pencarian sudah berlangsung selama 10 hari, dan dalam dua hari terakhir tidak lagi ditemukan korban, baik selamat atau meninggal dunia.

"Kami juga sudah mengerahkan segala upaya, baik pencarian dilakukan melalui perairan, udara maupun melakukan penyisiran di pesisir pantai," kata Yopi di Kota Pontianak, Kalbar, Jumat (23/7/2021).

Adapun pertimbangannya, kata dia, emungkinan mayat atau jenazah korban sudah susah dikenal kalau operasi berlanjut. Ditambah prediksi BMKG sepekan ke depan soal cuaca buruk di perairan.

"Selain itu menurut data BMKG, dalam sepekan ke depan juga berpotensi cuaca buruk dengan ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter," ujarnya.

Kemudian hambatan tim di lapangan dalam pencarian ini, kata dia, cuaca buruk, lokasi koordinat kapal tenggelam tidak diketahui, banyaknya korban dan lokasi pencarian yang luas.

Meski pencarian dihentikan, selanjutnya pencarian bersifat pemantauan. Tim tetap berharap ada informasi dan perkembagan situasi dari laporan masyarakat dan nelayan sekitar.

Data terakhir yang dihimpun dari Posko SAR di Pontianak menyebutkan total ABK yang menjadi korban musibah tersebut sebanyak 138 orang. Jumlah korban yang ditemukan selamat sebanyak 83 orang. Sementara 24 meninggal dunia dan 31 belum ditemukan. 

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: